Jumat, 21 Juni 2013

"fundamental berdampak tinggi hari ini adalah mengenai inflasi di Canada"

Data Current Account yang juga bisa berdampak mengingat minimnya rilis data hari ini.

Antara CPI dan Retail sales Canada yang dirilis pada waktu bersamaan, yang lebih berdampak adalah CPI. CPI adalah salah satu indikator penting yang bisa menggerakkan mata uang CAD, apa lagi ini rilis data satu-satunya pada sesi New York. Pergerakan CAD sangat dipengaruhi oleh USD, karena perekonomian Canada memang banyak bergantung pada AS, tetangga terdekatnya. 70% ekspor Canada adalah ke Amerika Serikat.
Berikut rilis data berdampak hari ini:

Jum’at, 21 Juni 2013 - Sesi Perdagangan Eropa :

Jam 15:00 WIB
: data Current Account kawasan Euro bulan April 2013 (Berdampak medium pada EUR)

Current Account adalah salah satu komponen dari neraca pembayaran yang secara rinci memuat hasil neraca perdagangan, penerimaan (seperti pembayaran bunga, dividen dan lainnya) dan pengeluaran (untuk bantuan, pajak dan lainnya). Jika hasil perdagangan dan penerimaan melebihi pengeluaran maka Current Account akan surplus, dan sebaliknya jika terjadi capital outflow lebih besar maka Current Account akan defisit. Defisit Current Account yang terus-menerus akan cenderung memperlemah mata uang Euro.
fundamental berdampak tinggi hari ini adalah mengenai inflasi di Canada, satu-satunya data yang dirilis pada sesi New York. Sebelumnya pada sesi Eropa, biro statistik Inggris dan bank sentral Eropa akan merilis neraca anggaran dan
Current Account kawasan Euro mengalami surplus sebesar 25.9 milyard Euro pada Maret 2013, yang adalah rekor surplus tertinggi dalam tahun ini, disebabkan oleh membaiknya neraca perdagangan terutama meningkatnya nilai ekspor. Namun demikian permintaan domestik masih lemah. Pasar memperkirakan untuk bulan April 2013 surplus Current Account akan berkurang ke angka 15.1 milyard Euro. Jika surplus yang dirilis lebih besar dari perkiraan maka EUR akan cenderung menguat.

Jam 15:30 WIB: data Public Sector Net Borrowing (PSNB) Inggris bulan Mei 2013 (Berdampak medium pada GBP)

Data ini mengukur perbedaan antara pengeluaran dan pemasukan pemerintah pusat, pemerintah daerah dan perusahaan publik di Inggris. Jika pengeluaran lebih besar dari pemasukan maka defisit akan dibiayai dengan pinjaman. Membengkaknya pinjaman berarti defisit dalam neraca anggaran yang akan cenderung memperlemah Pound, sebaliknya jika Net Borrowing negatif maka terjadi surplus anggaran dan akan cenderung memperkuat mata uang Pound Sterling.

Sejak Pebruari lalu PSNB Inggris selalu defisit, namun bulan April lalu defisit turun ke angka 8 milyard Pound Sterling. Pasar memperkirakan untuk bulan Mei 2013 defisit akan membengkak 12.7 milyard Pound Sterling. Jika defisit yang dirilis lebih kecil dari perkiraan maka GBP akan cenderung menguat.

 Jum’at, 21 Juni 2013 - Sesi Perdagangan New York :

Jam 19:30 WIB: data Core CPI Canada bulan Mei 2013 (Berdampak tinggi pada CAD)

Pada waktu yang bersamaan akan dirilis CPI inti (Core CPI) dan CPI total. CPI inti tidak memperhitungkan makanan dan energi. Masing-masing dirilis untuk month over month (dibandingkan terhadap data bulan lalu) dan year over year (dibandingkan terhadap data bulan yang sama pada tahun sebelumnya). Untuk Canada, yang berdampak tinggi adalah CPI inti month over month.

CPI inti Canada pada bulan April lalu meningkat 0.1% (year over year naik 1.1%) dibandingkan Maret, sementara CPI total turun 0.2% namun untuk year over year naik 0.4%. Inflasi di Canada tahun ini memang cenderung lebih rendah dibandingkan tahun lalu. Untuk bulan Mei 2013 CPI inti diperkirakan akan naik 0.3% dan CPI total naik 0.4%. Hasil rilis yang lebih besar dari perkiraan akan membuat CAD menguat.

Jam 19:30 WIB: data Core Retail Sales Canada bulan April 2013 (Berdampak tinggi pada CAD)

Ada 2 rilis, penjualan ritel inti (Core Retail Sales) yang tidak termasuk otomotif, dan penjualan ritel total. Seperti halnya data CPI, yang lebih berdampak adalah Core Retail Sales. Bulan Maret lalu penjualan ritel inti Canada mengalami kontraksi 0.2% dibandingkan Maret yang naik 0.7%. Untuk bulan April 2013 diperkirakan tidak berubah, atau 0.0%. Hasil rilis uyang lebih besar dari perkiraan akan cenderung memperkuat CAD. 
sumber: www.bloomberg.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar