Rabu, 03 April 2013

Cara Memanfaatkan KTA ( Kredit Tanpa Agunan)

Kredit tanpa agunan atau pinjaman tanpa jaminan merupakan salah satu instrumen produk perbankan dalam bentuk pemberian fasilitas pinjaman tanpa adanya suatu aset yang dijadikan jaminan atas pinjaman tersebut.
Oleh karena tidak adanya jaminan yang menjamin pinjaman tersebut, putusan pemberian kredit adalah semata berdasarkan pada riwayat kredit dari pemohon kredit secara pribadi atau dengan kata lain bahwa kemampuan melaksanakan kewajiban pembayaran kembali pinjaman adalah merupakan pengganti jaminan.

KTA dapat diajukan pada siapapun, baik karyawan, profesional, maupun wirausahawan. Bedanya dari produk pinjaman biasa, nilai pinjaman anda dibatasi. ini karena tidak adanya harta yang di jaminkan sehingga otomatis resiko bank sebagai pemberi pinjaman akan semakin tinggi. Disinilah biasanya nilai pinjaman pada produk KTA di batasi, yaitu antara 5 juta ampe 50 juta. Jangka waktu kreditnya juga dibatasi agar tidak terlalu panjang, yaitu antara 1-3 tahun. KTA dapat dimanfaatkan untuk tujuan apa saja. Anda bisa mengunakannya untuk tujuan konsumtif, seperti membayar pendidikan anak, pembiyaan pernikahan atau merenovasi rumah. Disamping itu KTA bisa digunakan untuk menutupi kekurangan dana dari pinjaman lainnya bila anda memilikinya. 
Contoh, bila sebelumnya anda memiliki pinjaman di bank dengan rumah sebagai jaminannya anda masih tetap dapat mengajukan KTA. yang penting, penghasilan anda (setelah dipotong biaya rumah tangga dan biaya lainnya, termasuk di dalamnya biaya cicilan kredit bank yang sudah anda miliki sebelumnya), masih cukup untuk membayar cicilan KTA. Jika anda membeli rumah baru secara kredit melalui KPR, bank biasanya tidak akan membiayai seluruhnya. ia akan meminta anda membayar uang muka sebesar 30 % dan sisanya di biayai oleh bank untuk anda cicil pembayarannya. Nah, bila anda tidak memiliki uang muka sebesar 30% itu, anda bisa mendapatkannya dengan mengambil KTA. Bunga yang ditawarkannya relatif rendah. Namun anda harus menghitung dengan cermat sehingga dapat menggabungkan KTA ini dengan pendanaan lain untuk membantu pembiayaan anda. 
Cukup mudah bukan???? silakan anda mencoba cara ini dengan pembiyaaan sistem KTA.......


4 komentar:

  1. waw menark kie .. hehee


    eh follow blog ku yo ..
    Iki Opick Sosiatri?

    BalasHapus
  2. aloww mas brooo,,,..ehh blog mu alamat na apa ,,di post di sini mas saka

    BalasHapus
  3. Mas mau tanya, kalo untuk wirausaha mau pinjem caranya gmana? Dan bank mana yg bisa kasih ponjaman seperti ini. Thank..

    BalasHapus
  4. salam mas Jitu
    pertama-tama jika kita mau mengambil pinjaman bank berbentuk KTA yang perlu di persiapkan jika anda wiraswasta adalah cover usaha mas, ini sangat penting untuk meyakinkan bank bahwa usaha anda bener2 ada dan sudah jalan kira2 2th, kemudian laporan keuangan anda,,anda bisa melakukan na dengan cash flow yaitu dengan metode perputaran uang rekening anda..ini sangat penting untuk meyakinkan pihak bank, karena penghasilan anda bisa di ketahui dari perputaran uang di rekening anda...yg perlu di siapkan lagi adalah KTP,SIUP/TDP,KK, Akta Nikah
    dan bank yang memberikan pinjaman KTA yang murah bunga sementara ini yang saya tahu adalah bank Pundi ( bunga kisaran 1% per bln) untuk lebih jelas nya mas bisa bandingkan dengan bank konvensional lain na....trimakasih semoga bermanfaat

    BalasHapus